Mendadak Masjid: Sampit

Sejak dari tahun 2010 pertama kali menginjakkan sepatu di tanah Kalimantan ini, sudah lumayan banyak masjid yang saya kunjungi. Kabupaten Kotawaringin Timur dengan ibukota kabupatennya yaitu Sampit merupakan daerah tempat aktivitas saya sehari hari. Walaupun saya agak bandel tapi saya juga tidak lupa2 amat dengan yang diwajibkan kepada saya yaitu sholat. Entah solat saya diterima atau tidak itu urusan lain.

Kali ini saya tidak akan membahas tentang sholat, terlalu berat topik itu bagi saya. Yang saya bahas kali ini adalah masjid. Masjid yang saya bahas kali ini merupakan masjid yang letaknya di Sampit. Tapi tunggu sebentar, ada yang menggelitik saya mengenai kata "sampit". Tidak ada tulisan "sampit" dalam KTP saya. Lalu dari mana asal mula kata "sampit itu?? kita bahas lain kali saja, karena sekarang membahas masjid.

Sampai saat ini saya masih bingung mengapa membahas masjid. Tiba-tiba muncul saja keingginan membahas masjid. Saya hanya akan membahas masjid yang memiliki menara tinggi. Jika ada yang bertanya kok hanya yang ada menaranya, saya tidak bisa menjawab. Dan yang saya bahas pun tidak mendalam. hanya sebatas lokasi dan tampilan foto saja. Tapi jangan kecewa viewers, lain kali doakan saja ada waktu dan kesempatan akan saya bahas lebih mendalam satu per satu, kalu perlu semua masjid yang ada di Sampit,,,eh,, Kotawaringin Timur ini.



1. Masjid Madinah Al Mubarokah

Merupakan masjid yang terletak di sisi kiri pelabuhan sampit. Kebanyakan orang menyebutnya masjid pelabuhan, masjid pasar, masjid kota atau yang lain, jarang ada yang tahu nama masjid ini, padahal sudah dituliskan di dinding luar masjid tetapi menggunakan tulisan arab.









2. Masjid Jami Assalam

Terletak di Jalan Iskandar, masjid ini cukup besar menurut saya. Tidak terlalu jauh juga letaknya dari masjid yang pertama. Jujur saja sampai saat menulis ini saya belum pernah mengunjungi. Semoga saja suatu saat bisa mengunjunginya, tidak hanya memfotonya saja.








3. Masjid Agung Al Falah

Ini salah satu masjid di sampit yang sering saya singgahi. Letaknya yang berada di tengah kota Sampit membuat masjid ini sangat strategis. Begitu nyaman suasana yang ditawarkan masjid ini sampai saya betah berlama-lama beristirahat setelah solat disini. Masjid ini diresmikan oleh mantan presiden RI ke-2 yaitu Alm. Soeharto pada tahun 1988. Jadi cukup senior masjid yang satu ini.









4. Masjid Jami Noor Agung

Masjid ini baru dalam proses penyelesaian. Sepertinya masjid ini bisa menjadi kandidat masjid yang cukup bagus di Sampit jika sudah selesai. Kita tunggu saja kalau sudah selesai. Jika ada yang berbaik hati bersedekah untuk pembangunannya bisa langsung datang di Jalan Pemuda Sampit.




5. Masjid Wahyu Al Hadi

Mungkin ini merupakan masjid ikon dari Kotawaringin Timur. Coba perhatikan saja, dari segi luas wilayahnya merupakan kompleks masjid yang terluas. Begitu juga dengan namanya yang menurut saya agak mirip dengan Bapak bupati kita ya.. hehehe... Jika datang hari libur, kompleks masjid yang terletak di Jalan Jend. Soedirman Sampit ini bisa juga dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.




Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mendadak Masjid: Sampit"

  1. Pak review yang banyak lagi pak tentang Kotim. Jangan lupa Samuda direview juga pak. uln suka tulisan bapak wkwk

    ReplyDelete